Dinas Pertanian Cirebon

FORUM PERANGKAT DAERAH DINAS PERTANIAN KAB. CIREBON

2024-02-28 08:44:08
Oleh :

Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon melaksanakan Forum Perangkat Daerah yang bertujuan untuk membahas rancangan Renja (Rencana Kerja) Perangkat Daerah tahun 2025.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung hingga selesai ini dihadiri oleh kepala dinas, sekretaris dinas, bappelitbangda dan subag perencanaan evaluasi dan pelaporan dari berbagai perangkat daerah di Kabupaten Cirebon.

Dalam forum yang diselenggarakan di Aula Dinas Pertanian tersebut, para peserta berdiskusi tentang peran Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah sebagai wadah untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan dunia usaha.

Diskusi juga berfokus pada upaya menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) kabupaten/kota di kecamatan.

Dalam Forum ini juga mengupas mengenai penajaman indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah, dengan mempertimbangkan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

Langkah-langkah untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah guna mencapai sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) juga menjadi fokus pembahasan.

Tidak hanya itu, forum ini juga membahas mengenai penyesuaian pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah. Poin-poin tersebut menjadi sorotan utama dalam upaya penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja Perangkat Daerah tahun 2025.


Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah kabupaten/kota ini menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang RKPD kabupaten/kota di kecamatan sebagai bahan diskusi untuk menyempurnakan rancangan Renja Perangkat Daerah kabupaten/kota. Para peserta sangat antusias dalam berkontribusi dalam forum yang difasilitasi oleh Perangkat Daerah terkait.

Dengan demikian, forum ini menjadi langkah awal yang penting dalam memastikan Renja Perangkat Daerah tahun 2025 dapat dirancang secara optimal sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta sinergi pembangunan daerah.

Selanjutnya :