Dinas Pertanian Cirebon

KEGIATAN TEMU LAPANG BPP WALED

2021-12-29 11:46:52
Oleh :

Balai penyuluhan pertanian ( BPP ) waled pada hari rabu tanggal 17 November 2021 melaksanakan kegiatan temu lapang ( FFD ) kegiatan penerapan teknologi Climate Smart Agriculture ( CSA ) pada tanaman padi, Di desa Jatirenggang Kecamatan Pabuaran. Kegiatan FFD merupakan rangkaian kegiatan dari kegiatan BPP Satelit program SIMURP di Kabupaten Cirebon. Kegiatan Demplot  Tanaman Padi Berbasis CSA di BPP Satelit bertujuan untuk mengoptimalkan penerapan budidaya pertanian cerdas iklim, peningkatan produksi dan produktivitas  serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Kegiatan Temu Lapang diikuti oleh kasi ekbang  Kecamatan  Paburan ,Babinsa,Babin Kamtibmas , Kepala desa Jatirenggang , Perwakilan Kelompoktani, dan Penyuluh. Pada saat pertemuan disampaikan teknologi yang diterapkan mulai dari aplikasi pupuk organik, Varietas Unggul Baru padi yang adaptif iklim, seleksi  benih, sistem tanam jajar iegowo, pemupukan berimbang,  pengairan, pestisida nabati.  Disamping penyampaian tentang pelaksanaan CSA padi di sampaikan juga rencana percepatan tanam untuk periode MT I.

Menurut Koordinator BPP waled menyampaikan bahwa Indeks pertanaman di Wilayah Desa Jatirenggang sudah IP 3 . Percepatan tanam untuk mendukung produksi beras  karena Desa jatirenggang dan desa desa lainnya mendukung IP 300 harus mempercepat gerakan tanam serempak dan diharapkan tutup tanam pada akhir Desember 2021. Penggunaan air irigasi juga harus dikelola dengan Baik , terutama nanti pada saat MT II harus dihemat salah satunya dengan penerapan AWD yang berkesinambungan dengan kegiatan CSA. Para kelompok tani diharapkan dapat menerapkan  dan mengembangkan inovasi pertanian. Rencana tindaklanjut dari kegiatan demplot  akan dikembangkan pada lahan seluas 130 Ha,  akan menerapkan teknologi CSA Padi

Dari perwakilan Dinas PUPR menyatakan bahwa sistem pertanian tidak terlepas dari kebutuhan akan air, oleh karena itu  infrastruktur  pendukung dalam mensuplai air irigasi dari hulu sampai hilir akan diperbaiki. Pembagian air irigasi secara tepat akan dapat  mendukung keberhasilan pertanian khususnya pada musim kemarau.

Dari petani mengharapkan kegiatan CSA dapat terus berlanjutsehingga dapat melihat nyata dari aplikasi budidaya cerdas iklim dan dapat melihat penurunan emisi gas rumah kaca.

Selanjutnya :