Dinas Pertanian Cirebon

SIMURP

2021-11-09 09:19:41
Oleh :

Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) merupakan modernisasi irigasi strategis dan program rehabilitasi mendesak. Pengelolaannya ada pada lintas empat kementerian dan lembaga yaitu Bappenas, Kementan, Kementerian PUPR dan Kementerian Dalam Negeri Lokasi pelaksanaan proyek SIMURP di Indonesia berada di Daerah Aliran Sungai (DAS).
Pelaksanaan Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) tersebar dibeberapa daerah, salahsatunya Kabupaten Cirebon dengan lokasi Daerah Irigasi Sungai Cikeusik tepatnya dibagian timur wilayah Kabupaten Cirebon.
Dalam mendukung program SIMURP tersebut diatas, Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon diberikan kewenangan untuk melaksanakan kegiatan seperti Dukungan Penerapan Teknologi Climate Smart Agriculture (CSA) Padi dan Non Padi dengan didampingi oleh Penyuluh.
Program ini merupakan upaya untuk mengendalikan hubungan timbal balik antara sumber daya alam dengan manusia dengan tujuan membina kelestarian ekosistem dan meningkatkan manfaat secara berkelanjutan seperti konsep dasar Climate Smart Agriculture (CSA) atau kegiatan pertanian cerdas iklim, pembuatan pupuk organik dan penerapan sarana produksi yang ramah lingkungan. Sehingga kegiatan CSA ini sangat penting untuk mendukung pertanian berkelanjutan agar produktivitas padi semakin meningkat, petani sejahtera dan tidak merusak lingkungan.

Selanjutnya :