Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 di Kabupaten Cirebon telah mulai semarak dirayakan para warga Cirebon dengan ditandai adanya pemasangan umbul-umbul, spanduk, benner dan bendera-bendera bernuansa Merah Putih baik Kantor-kantor Pemerintah, Swasta, Sekolah-sekolah, Perguruan Tinggi dan kelembagaan masyarakat lainnya. juga di sudut-sudut Jalan dan gang-gang. Termasuk juga di Lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon pada perayaan HUT Kemerdekaan ini telah menyusun rencana kegiatan baik pertandingan olah raga, permainan-permainan rakyat dan lomba-lomba lain atas penilaian kinerja BPP, penyuluh, THL, KWT dan petani/ kelompok/Gapoktan serta Pengolah Hasil Pertanian lainnya serta penyerahan Bantuan Alat Mesin dari Pemerintah kepada Kelompoktani.

Kegiatan diawali dengan Turnamen Futsal diikuti BPP yang ada di Kabupaten Cirebon, UPT Pertanian, POPT dan Dinas Pertanian Kabupaten dilaksanakan pada tgl.6-7 Agustus 2019 bertempat di Jodabi Futsal jl.Cakrabuana Sumber. Telah berhasil menjuarai Turnamen Futsal tingkat Dinas Pertanian tahun ini adalah Tim Gabungan BPP Pabedilan, Gebang dan Waled.

Pertandingan Olah raga lainnya adalah Tenis Meja akan dilaksanakan di Hari Senin tgl 12 Agustus 2019 juga lomba-lomba permainan rakyat tempo doeloe seperti balap kelereng,  makan krupuk, pecah balon dan lain-lain akan dilaksanakan di hari Senin tersebut, sedangkan pada hari Selasa tgl. 13 Agustus 2019 kita Gelar Pasartani dan penyampaian penghargaan kejuaraan Lomba, pertandingan dan prestasi kinerja juga penyerahan bantuan Alsintan, dan sebelumnya kita berolah raga dulu Jalan Sehat Bersama Petugas, Petani dan Dharma Wanita di seputar jalan-jalan wilayah Sumber.

Pada Pasartani akan digelar produk-produk unggulan Kabupaten Cirebon seperti Beras, Gula, Telor Asin, Mangga Gedong Gincu, Bawang Merah, Jagung Manis, Jagung Warna Warni, beserta hasil olahan pertanian lainnya seperti Jus Mangga, Dodol manga, Manisan, Emping, Terasi, Siwang, Pepes ayam, Pepes ikan, Aneka kue, Aneka kerupuk, Aneka Makanan, Aneka minuman seperti Susu sapi, Fried chicken, Jus buah, Sari tebu bahkan pakaian, sepatu dan barang-barang hasil keterampilan bordilan dan alat kecantikan dan sebagainya. Pasartani seperti ini sengaja digelar hampir rutin karena dengan maksud memberikan Fasilitasi kepada para KWT, pelaku utama pengolah hasil pertanian yang terus kita dorong untuk dapat berusaha tani lebih baik, lancar dan lebih menguntungkan.

Pelaksanaan Pasartani ini dimaksud sebagai upaya penyediaan wahana visualisasi dan promosi produk pertanian bagi pelaku utama, pelaku usaha pertanian dan KWT agar mendekatkan produk-produk pertanian yang dihasilkan untuk dikenal dan ketemu konsumennya. Sehingga produk pertanian laku dipasaran dan petani memperoleh masukan dari masyarakat tenteng produk seperti apa yang banyak dibutuhkannya. Ada interaksi langsung ada transaksi jual beli … dagangan laris …. petani untung dan usahatani terus berlangsung dan berkesinambungan ….. hehehe … petani  bersuka ria … bersyukur atas kemerdekaan … dan pulang dapat uang juga …. *** (Empie)