Kegiatan Pelatihan Petani dan Pelaku Agribisnis Kabupaten Cirebon merupakan suatu metode penyuluhan yang diterapkan untuk peningkatan Pengetahuan dan keterampilan petani pelaku utama dalam berusaha tani pada bulan Juni dilaksanakan kembali setelah sebulan penuh selama bulan Ramadhan kemarin diliburkan karena dimaksud agar para petani dapat menjalankan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan penuh rahmat, berkah dan ampunan ini dapat dijalani secara baik dan khusyuk termasuk memanfaatkan momen bulan puasa yang umumnya banyak kebutuihan terkait makanan kebutuhan takjil bagi umat Muslim, para petani peserta pelatihan dapat mengaplikasikan keterampilan hasil pelatihannya terutama dalam pengolahan hasil pertanian seperti pengolahan-pengolahan hasil pertanian yang dilaksanakan para KWT (Kelompok Wanita Tani) untuk menyediakan berbagai panganan yang dibutuhkan warga untuk berbuka puasa dan lebaran. Kegiatan pelatihan dirancang berdasarkan kebutuhan yang diperlukan oleh petani dalam rangka pengembangan usaha taninya disamping itu kegiatan pelatihan diharapkan memperkuat kelembagaan petani, merespon tuntutan pasar dan menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan pelaku agribisnis, di sektor pertanian dalam arti luas termasuk didalamnya adalah pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan. Peternakan dan pengolahan hasil pertanian.

Kegiatan pelatihan diharapkan mampu menjawab tantangan agribis global yaitu tersedianya produk yang ada sepanjang waktu, berkualitas serta kontinyu dalam memasok kebutuhan pasar, sehubungan dengan hal tersebut Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian melaksanakan kegiatan Pelatihan Petani dan Pelaku Agribisnis memenuhi keinginan para petani pelaku utama tingkat kecamatan sesuai ajuan masyarakat tani melalui musrenbang kecamatan.

Kegiatan Pelatihan petani pelaku agribisnis pada sektor pertanian yang telah mendapat persetujuan untuk dlaksanakan sebanyak 95 kelas yang setiap kelasnya sebanyak 30 orang sehingga melibatkan petani seluruhnya pada tahun sebanyak 2.850 orang petani. Jumlah ini belum termasuk Pelatihan petani lainnya diantaranya ada Pelatihan peternakan, Pelatihan peningkatan produksi, Pelatihan peningkatan kwalitas kemasan hasil produksi pertanian, Pelatihan kelembagaan dan lain sebagainya.

Pada bulan Juni 2019 ini direncanakan akan dilaksanakan Pelatihan Petani Pelaku Agribisnis sebanyak 17 kelas tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Cirebon antara lain di Kec.Losari 1 kelas, Pabedilan 1 kelas, Kec. Waled 1 kelas, Kec. Mundu 1 kelas, Kec. Lemahabang 2 kelas, Kec. Gebang 2 kelas, Kec. Gunungjati 1 kelas, Kec. Plered 1 kelas, Kec. Susukan 2 kelas, Kec Gegesik 2 Kelas, Kec. Ciwaringin 1 kelas, Kec. Talun 1 kelas dan kec. Depok 1 kelas. Pelatihan Petani Pelaku Agribisnis ini setiap kelas diikuti peserta petani 30 orang dan setiap kelas dilaksanakan selama 3 hari dengan metode diskusi dan praktek.

Topik pelatihan dari setiap kecamatan berbeda-beda sesuai keinginan petani masing-masing. seperti diantaranya Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati, Pengendalian Hama Terpadu, Cara Budidaya Mangga Gedong Gincu, Budidaya Semangka, Budidaya Jamur Merang, Budidaya Jagung Manis, Tandur Jajar Legowo pada Padi, dan lain-lain.  Sebagai narasumber diantaranya terdiri atas para Camat dan pejabat eselon IV kecamatan yang bersangkutan, para POPT, Penyuluh, Babinsa, praktisi ahli dan para instruktur non PNS yang kompetensinya sesuai judul Pelatihan masing-masing. dan sebagai panitia penyelenggara di lapangan ditetapkan para Koordinator BPP setempat.  (empie)