Kunjungan Bupati Sintang Bpk. dr. H. Jarot Winarno, M.Med,PH ke Kabupaten Cirebon pada tgl 8 Nopember 2018 yang lalu diterima di Pemerintah Kabupaten Cirebon di Ruang Paseban Setda Pemda Kab Cirebon di Sumber sehubungan Pak Plh. Bupati sedang di Bandung, maka sambutan Bupati Cirebon dibacakan oleh Pak Asisten.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan maksud dan tujuannya jauh-jauh dari Kalimantan Barat ke Kabupaten Cirebon ini diantaranya beliau menceritakan situasi yang ada di wilayah Sintang dibandingkan pula dengan yang ada di Kabupaten Cirebon diantaranya bila kita melewati sepanjang jalan di Sintang yang Nampak dipandangan kita adalah terbentang padang ilalang kemudian karet, sawit,  kemudian padang ilalang lagi …. Sementara ketika lewat jalan Tol perjalanan dari Jakarta ke Cirebon … di kiri kanan jalan nampak hamparan luas menghijau tanaman padi …. Di sintang ada yang tanam satu desa yang bertanam padi setahun hanya satu kali … produktivitanya paling antara satu sampe dua ton per hektar. Untuk pajale kami di Sintang masih kurang … kurang banyak. Karena itu kami membawa para KTNA dan pejabat Dinas Pertanian ke sini ke Cirebon …. Kami mau belajar. Kemarin para KTNA telah hadir duluan dan telah bertemu para pelaku bidang pertanian dan peternakan juga pengelolaan lahan BPP di Palimanan dem-area Padi,  kemudian sorenya kami melihat kerajinan Rotan.

Lebih lanjut Pak Bupati Jarot Winarno mengatakan bahwa untuk tanaman Rotan kami punya hutannya… kalau selama ini Kabupaten Cirebon harus menolak pesanan kerajinan Rotan karena kurang bahan baku …. Mari kita kerjasama.  Kayanya yang diperlukan Cirebon di Sintang ada. …. Bahan model gimana yang dibutuhkan para pengusaha kerajinan Rotan Cirebon … kami siapkan. …. Kontan tawaran itu di amini Kepala Disperindag Kab Cirebon Bpk. Deni Agustin seraya memberikan Daftar kebutuhan rotan yang diperlukan para pengusaha cirebon,  dan kemudian pemda Cirebon segera menyiapkan naskah MoU dan Insyaallah akhir Nopember nanti pelaku usaha Cirebon siap datang ke Sintang untuk teken kontrak. … semoga lancar …sepakat, sepakat… dan sepakat….

 

 

Mengenai PAJALE Kepala Dinas Pertanian Kab Cirebon Bpk. Dr. Ir. H. Ali Efendi, MM. menjelaskan bahwa bila ingin melihat PAJALE Pak Bupati Sintang tepat kalau datang ke Kab Cirebon kerena untuk tanaman Padi di Cirebon sudah IP 300 artinya satu tahun telah bisa tanam sampai 3 kali. Ada yang Padi-Padi-Padi, ada yang Padi-Padi-Palawija. Dan sebagainya … tapi untuk tanaman Jagung di Cirebon adanya Jagung Manis, karena petani Cirebon merasa kurang beruntung bila menanam Jagung Pipil. Juga untuk Kedele di Kab. Ciebon hanya sebagian kecil saja.

Bila mau melihat usaha jagung Manis kami persilakan di Cirebon bagian timur misalnya Kecamatan Pabedilan, Losari, Babakan, Waled, Pabuaran dan Lain-lain.

 

 

Demikian setelah sambutan-sambutan diacara Penerimaan Kunjungan Bupati Sintang ini kemudian dilanjutkan Tukar Menukar Cindera Mata dan Foto Bersam … Cekrek-cekrek … dan Rombongan terus menuju Kecamatan Pabedilan meninjau Jagung Manis diantar oleh Kepala Bidang Penyuluhan dan para Penyuluh Kabupaten Cirebon …. (Empie)